[Photoshop Tips #1] Pemilihan Photo Cast

Februari 23, 2016


Halo! Halo!

Akhirnya... kesampaian juga bikin tips*hela nafas.* Well, I'm not a master at Photoshop, tapi aku coba-coba buat berbagi sedikit boleh-lah. Though that I'm not that good, tapi seenggaknya aku bisa bagi-bagi beberapa yang kuketahui.

Untuk tips Photoshop pertama hari ini adalah : Pemilihan Photo Cast.

Well, ini sih basic banget, ya, buat Photoshop. Khususnya buat Fanfiction Poster. Tapi ada beberapa orang yang suka lalai dalam pemilihan Photo Cast ini. Gak cuma newbie lho, tapi bahkan para master-master(?) Photoshop juga sering begini. Termasuk aku#plak.

Oke, yuk, langsung kita mulai aja ya ^^



  • Tips 1 : Sesuaikan dengan Genre.

Ini penting. PENTING BANGET.

Kita harus menyesuaikan ekspresi foto cast dengan genre poster/cover yang akan kita buat. Kalau poster sad, gunakan gambar yang ekspresinya mellow(?).

Contoh foto untuk poster sad
Sebenarnya kalau ekspresinya senyum boleh aja, coz I use that too sometimes. Tapi senyumnya jangan yang lebar kayak Kuchisake-Onna (eh), tapi yang senyum tipis aja juga cukup.


  • Tips 2 : Resolusi foto 
Sayang, lho, kalau poster kalian keren tapi resolusi fotonya kurang :( Aku dulu juga gak terlalu merhatiin resolusi foto. I mean, bikin ya bikin/prinsip macam apa ini/

Nah, resolusi foto ini kesannya sepele, cuman penting. Kalau resolusi foto cast kalian jelek, ya posternya juga ikutan jelek. No matter how cool is it. Resolusi foto yang kita pakai haruslah HQ/HD. Aku pernah baca di sebuah blog (Aku lupa URL-nya) yang menuliskan kalau mencari foto cast untuk cover FF itu kalau bisa menambahkan kata 'HQ/HD' di belakang keyword pencarian.

Contoh foto  HQ :

Aw, Kookie#salvok#abaikan
  • Tips 3 : Jangan gunakan foto Selfie/Selca
No, please don't. Selain gak HQ/HD, resolusinya kecil, foto selfie/selca juga sama sekali gak cocok buat dijadiin foto cast cover FF.

Coba bandingkan, foto ini :


Sama yang ini : 


  • Tips 4 : Jangan gunakan foto yang terpotong 
Kusaranin, sih, jangan. Apalagi buat poster soft, gak cocok banget. Usahakan bagian kepala dan tubuh tidak terpotong. In other words, kita harus perhatikan kualitas fotonya#eaa#bahasanyaaa...

Kenapa? Karena foto yang terpotong dapat menyulitkan kita dalam menghapus bagian-bagian foto ketika di-edit. Foto yang terpotong biasanya memiliki resolusi yang kecil juga. Ini pengalaman pribadi (muehehe).

Don't use
Use
Yaps, 4 tips cukup, ya? Hehehe~

Oke, sekian tips dariku hari ini. Untuk tips-tips photoshop lainnya menyusul, ya. Kalau ada kritik/saran, atau mungkin mau usul untuk tips berikutnya, boleh komen di bawah. Mau nanya-nanya juga boleh :)

Tolong jangan meng-copas entri ini. Dilarang juga untuk re-post/menulis ulang tanpa izin!

You Might Also Like

3 comment[s]

  1. Hhmm... kayaknya, aku understand deh. Ternyata buat cover-nya ff. Kirain buat ngepain .-. btw kok foto biasku kepotong si ._. /apaan/

    BalasHapus