Do You Really Need Diet?

Februari 03, 2016


Yesterday, my online friend sent me a DM on Twitter. She asked me; "I'm sooo fat. Can you tell me how to do a good diet? I wanna be slim but I won't hurt myself too."

Then, I saw my own reflection in front of the mirror for some reason. Well, aku (tbh) jarang ngaca untuk alasan tertentu. Ussualy, aku ngaca cuma buat ngerapiin rambut/baju/seragam/kerudung, atau bisa juga buat ngomong sendiri  (Jangan ditiru :v).

Terus, aku menyadari bahwa perutku sedikit buncit (apaan buncit). Yaaa... gak buncit, sih, maksudnya agak sedikit lebih besar(?), eh... bukan deng. Aduh... aku bingung ngejelasinnya. Intinya aku agak gendutan.

Tolong garis bawahi, agak. Karena 'agak' bagiku itu perutnya cuma melar(?) dikit.

To be honest, I have a thin body. Thin, not SLIM. Atau lebih tepatnya: cungkring atau kurus kering. Apa, ya, julukannya? Emm... small body? Idk.

Intinya, badan aku sama sekali gak gendut tapi kurus banget, nget, nget. Tapi (Alhamdulillah) agak berisi sedikit xD /Maksudnya opo/abaikan/

Nah, when I remembered my online friend's message, I think to make an entry about diet. Yah, aku mau mengembalikan viewers blogku yang makin lama makin turun (maybe) with this post. Tapi gak yakin juga, sih, bakalan ada yang baca ini ,-,

Back to topic. Kali ini aku akan membahas diet (As you know). Jujur aja, aku belum pernah melakukan diet sebelumnya. Kenapa? Aku kekurusan*tunjuk atas.* Oke, tapi aku sekadar share aja karena gak ada ide lain/plak/

Diet. Diet. Diet. Have you do a diet?

Menurutku, diet adalah suatu kegiatan(?) dimana seseorang memutuskan untuk mengurangi porsi makanannya dengan niat untuk menurunkan berat badannya. But, diet juga bisa dilakukan dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Intinya; diet adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badannya.

Simple? Banget. I really can imagine how simple it is. Tapi melakukan diet itu... se-simple itu gak, sih?

Karena aku gak pernah diet sebelumnya, jadi aku gak tau gimana rasanya. But I've seen any article about diet, just in case :v. Also, aku sering denger cerita tentang artis K-Pop yang diet abis-abisan.

Can you tell me how to do a good diet?
Mbak, saya bukan arti Koriya yang diet berbulan-bulan cuma buat comeback/debut 0.0

Oke, I know that I'm not good at this, tapi Guru Tata Boga aku pernah bilang kalau kalian mau diet, usahakan jangan makan goreng-goreng-an. Dan jangan makan makanan bergaram juga. Oke, several peoples might now this.

Menurut aku, sih, diet lebih mengarah ke pola hidup sehat. Maksudnya, jangan cuma mengurangi pola makan, tapi juga olahraga dan tidur teratur.

Iya. TIDUR.

Kenapa tidur? Karena menurut penelitian, tidur yang kurang dapat menyebabkan stress and it can makes you gain more weight. Jadi, tidur juga termasuk dalam diet. Eits... tapi tidur terlalu banyak dapat menyebabkan kegemukan juga, lho!

Untuk pola hidup yang sehat, disini kita harus menajaga dan bukan mengurangi. Yah, mengurangi sih, boleh. Tapi jangan terlalu banyak! It's not good too.

Menjaga disini, maksudnya adalah perbanyak makan makanan bergizi. Yang biasanya makan fast food, perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Jangan lupa untuk kurangi soda dan minuman yang manis-manis#eaa#AishaBijak.

Terus, olahraga. Gak perlu nge-gym atau sejenisnya, cukup lari beberapa kilometer (jangan jauh-jauh) dari rumah setiap pagi juga cukup. Kalau bisa; berenang. Aku pernah baca di sebuah artikel (Aku lupa sumbernya), bahwa berenang dapat mengurangi tumpukan lemak dalam tubuh.

Selain itu, jangan melakukan diet yang terlalu ekstrim juga. Aku sama sekali tidak menyarankan pil penurun berat badan.

Source pic : http://www.alodokter.com
Aku pernah nonton sebuah acara TV yang membahas tentang bisnis pi; penurun berat badan ini. Menurutnya, pil penurun berat badan ini sama sekali gak efektif. Awalnya, berat badan akan turun, tapi lama kelamaan naik lagi dan kenaikan berat badan itu bisa aja 2 kalilipat dari sebelumnya.

Oke, sekali lagi kubilang, jangan melakukan diet yang terlalu ekstrim. Seperti, gak makan sampai berhari-hari. Gak makan nasi, makannya rotiiii... mulu. Do you wanna lose weight or die?

Selain itu, kalian juga harus berpikir, "Do I really need diet?" 

Well, kalau kalian seumuran aku (12-13 thn/Junior high schooler), mempunyai berat badan 40-50kg keatas gakpapa-lah. Itu wajar dan sesungguhnya; normal. Kita masih dalam masa pertumbuhan, berat badan kita bisa turun kapan aja. Also, bisa aja berat badan kalian malah membuat kalian tinggi, bukannya gendut.
Bagi yang mau punya tubuh langsing, aku gak tau cara ngatasinnya. I'm not slim, really. Dan aku sama sekali gak punya pikiran untuk punya badan langsing. Toh, aku malah disuruh makan banyak biar cepet besar badannya sama orang tuaku.

Jadi, pertimbangkan baik-baik lagi. Apakah kalian bener-bener harus diet atau enggak? Kalau yang mau diet cuma buat doi. Oh, really... kurang kerjaan banget. Aku tau, mungkin si doi sukanya sama cewek langsing, but please... don't hurt yourself, girls! Bersyukur ajalah sama badan kalian yang sekarang, yang penting masih dikasih hidup sama Allah /eaaa/

Menurut aku yang bener-bener butuh diet adalah orang-orang yang udah obesitas. Mungkin... yang beratnya kurang lebih 80-100kg. Oh, wow. Bener-bener harus diet itu. Buat kalian yang masih 40-60-an, I think it's no need. Tapi tetep aja, it's up to you.

You Might Also Like

2 comment[s]