[#RandomPeople] Book To Read

Agustus 12, 2018


Halo!

Pertama-tama aku mau minta maaf karena minggu lalu gak nge-post apa-apa. Mau minta maaf juga karena minggu ini cuma bisa nge-post satu entri aja. Setiap kali mau nulis tau-tau keinget tumpukan tugas di pojok meja, huhuhu...

But anyways, hari ini #RandomPeople balik lagi walaupun malem-malem begini. Kalau ngomongin soal rekomendasi buku sebenarnya banyak sih ya, tapi hari ini aku bawain top 4 seri dan buku yang paling aku rekomendasiin buat kalian semua baca.


A little bit back story, dulu aku suka banget sama thriller dan horror books. I still am. Tapi makin ke sini aku mulai ngebuka jalan(?) ke genre-genre lain. Salah satu yang paling kusuka itu adalah fantasy. Kalau ngomongin fantasy pasti pikiran kita langsung ke Harry Potter ya, tapi karena semua orang seharusnya sudah baca Harry Potter (kalau belum harus baca sekarang ya ^^) jadi aku menyingkirkan semua buku dari seri ini dalam list ini. Berikut ini beberapa buku fantasy yang aku rekomendasiin banget buat baca.

Oh, and the it was written for Young Adult. But even if you're an adult (or an extremely mature children) you can still read it anyways.

1. The Grishaverse Series (Leigh Bardugo)

Foto di atas adalah salah satu buku dalam seri ini (spefisically, Crooked Kingdom). The Grishaverse ini adalah seri buatan Leigh Bardugo yang 'terbelah' menjadi dua: The Grisha Trilogy dan Six Of Crows Duology.

Kita mulai dari The Grisha Trilogy. Personaly, and I'm very ashame of this, aku belum baca seri ini. Udah sih, tapi baru sekilas doang buku pertamanya. Basically, seri ini terdiri dari 3 buku: Shadow and Bone, Siege and Storm, dan Ruin and Rising. Seri ini ceritanya berlatar di sebuah negara buatan bernama Ravka yang salah satu kelompok penduduknya disebut sebagai Grisha, which is some kind of metahuman, mereka punya kekuatan gitu. Tapi Ravka ini punya negara musuh yaitu Fjerda yang menganggap Grisha itu ancaman. Nah, the entire trilogy is narated by our girl, Alina Starkov, yang tiba-tiba punya kekuatan untuk mengendalikan matahari.

Kalau The Six Of Crows Duology ini punya latar benua yang sama dengan The Grisha Trilogy, tapi dengan karakter dan jalan cerita yang berbeda. Aku udah baca buku pertamanya (Six Of Crows) dan sekarang sedang membaca buku keduanya (Crooked Kingdom). Buku ini bercerita tentang Kaz Brekker dan krunya yang berada dalam some kind of impossible mission untuk mendapatkan bayaran yang besar.

Basically, kedua seri ini gak ada kaitannya dan boleh dibaca terpisah. Jadi misalkan kalian mau baca yang Grisha Trilogy, kalian gak perlu baca Six Of Crows Duology dulu dan sebaliknya. Kedua seri ini ditulis oleh penulis yang sama dengan latar yang sama, though the plot is different. Ada beberapa easter eggs sih.

But anyways, recommend this a lot. Kelebihannya adalah karakternya bagus-bagus, Bardugo made some of the best characters in the history of books (in my opinion). Though banyak yang bilang bahwa karakter-karakter di Six Of Crows Duology lebih bagus daripada karakter di Grisha Trilogy. Aku belum baca triloginya sih, jadi belum bisa ngebandingin. But yeah, Kaz Brekker and Matthias Helvar is da best!

2. Red Queen Series (Victoria Aveyard)
 
I forget to mention this, tapi The Grishaverse karya Leigh Bardugo masih belum ada translate-annya, jadi aku baca yang versi Bahasa Inggris.

Fortunately, this one is already translated. Well, gak semuanya sih. Jadi seri ini punya total 4 buku yang buku keempatnya baru rilis tahun ini. Buku pertama sampai ketiga udah ada versi Bahasa Indonesia-nya, kalau buku keempat belum.

Buku ini bercerita tentang Future America yang penduduknya dipecah menjadi dua: Silvers dan Reds (Perak dan Merah). Jadi Silvers ini kayak yang royal dan Reds ini slave-nya gitu loh. Silvers ini punya kekuatan (which makes them superior), kalau Reds ini manusia biasa. Nah, tokoh utama kita, Mare Barrow, adalah seorang Merah yang dapet pekerjaan di kerajaan Perak. Dalam satu event di kerajaan itu, dia kemudian menemukan kenyataan bahwa ternyata dirinya juga punya kekuatan yang mirip dengan para Silvers walaupun dia ini Reds.

Buku ini sebenarnya gak murni fantasi, tapi ada dystopiannya. Aku sukaaaaaa.... banget buku ini. Menurutku cara penulisan Victoria Aveyard enak banget dan tokoh-tokohnya juga lumayan relatable. Though, I have to say that Mare Barrow could be hella annoying sometimes. Tapi yang paling aku suka tentang buku ini adalah, THAT TWIST!

3. A Court of Thorns and Roses (Sarah J. Maas)

Ini juga udah ada translated version-nya, tapi baru buku pertamanya. Dan well, aku baru baca buku pertamanya.

Buku ini bercerita tentang Feyre (manusia) yang gak sengaja membunuh seorang peri yang menyamar jadi serigala. Sebagai gantinya dia harus tinggal bersama seorang peri royal(?) bernama Tamlin di dunia peri.

Basically, buku ini base-nya lebih ke romance-fantasy. Supranatural romance, you can say. Elemen fantasi-nya lumayan kuat tapi tetep aja romance jadi salah satu fondasi utama. Aku personally bukan penggemar berat romance, tapi romance di buku ini gak terlalu cringy kok. Although, ada beberapa adegan yang emang kayak... well, you know lah.

Jadi menurutku kalian harus nyiapin hati juga sih buat baca buku ini. I think this book is rated adult? Idk. Menurutku sih ini adult ya, jadi kalau kalian memang belum mature young adult or whatsoever, aku gak rekomendasiin, Tapi kalau penasaran ya silakan, it's a really good book!

4. Ther Melian Series (Shienny M. S.)

I was hella happy when I found this series. Finally, seri fantasi buatan orang Indonesia!

Buku bercerita tentang Vrey si pencuri yang mencuri sebuah amulet penting yang dibutuhkan Valadin, kesatria terhormat bangsa Elvar. Dalam perjalanan mereka, keduanya kemudian menyingkap rahasia benua Ther Melian dan masa lalu Bangsa Elvar yang sebenarnya.

I have to say this is not as good as any books that is in my list right now. But it's a really good step up for local books, buku ini keren! Tentunya masih banyak yang kurang baik dari segi plot maupun penulisannya, tapi Shienny M. S. had the courage to actually produce a good Indonesian fantasy books which genre yang lumayan jarang di kalangan penulis Indonesia.

Kalau menurut aku, kalian semua harus baca buku ini apalagi buat yang newbie ke genre fantasy. Buku ini agak lebih ringan dibanding langsung melahap buku-buku terbitan luar. Toh, sekaligus mengapresiasi karya saudara sebangsa. Aku udah baca semua serinya yang terdiri dari 4 buku, they are all good. Though I have to say, the ending had me a little cringed. Tapi tetep bagus kok, recommend this a lot!

So folks, that is all for today. Maaf yaa.. aku jarang post. Insha Allah ke depannya aku bakal nyempetin untuk nulis lebih banyak. But anyways, aku pingin tau rekomendasi buku yang kalian baca apa aja? Sekaligus menuh-menuhin TBR, hehehe...

Dan kalau kalian udah baca buku-buku di atas, jangan lupa tulis pendapat kalian di bawah ya!

Love,
Aisha

You Might Also Like

0 comment[s]