Tips menggunakan Earphone yang aman

Oktober 24, 2015


Anyeong! Aku kembali dengan label Information, label ini udah sepi banget soalnya xD.

Ngomong-ngomong, informasi & tips ini cukup penting bagi kalian yang suka dengerin lagu dengan earphone loh! Terutama begini, banyak orang yang menggunakan cara yang salah dalam mengenakan earphone! Waduh, bisa bahaya!

Terus, bagaimana cara menggunakan earphone yang baik dan benar? Apa tips agar kita mengenakan earphone dengan aman? Yuk, klik Read More!


Menggunakan earphone atau headset memang memudahkan kita dalam menikmati musik tanpa mengganggu orang lain. Selain itu headset atau earphone ini juga bisa kita gunakan untuk memudahkan kita dalam berkomunikasi menggunakan telepon meski sedang berkendara. Namun, dibalik semua keuntungan itu, headset ini juga mempunyai efek yang buruk untuk kesehatan.

Ternyata selain bisa membantu kita, headset atau earphone ini juga mengandung banyak dampak negatif. Hal itu diperkuat dengan hasil beberapa penilitian yang dilakukan di Eropa, dimana banyak anak muda yang mengalami gangguan pendengaran karena earphone ini.

Tapi tidak perlu khawatir, ternyata earphone itu aman loh asal digunakan secara benar dan wajar.  Agar tidak berbahaya untuk kesehatan kamu, berikut ada beberapa tips penggunaan earphone:

1. Pilihlah earphone yang paling cocok dengan telingamu
 Sebelum membeli earphone, kamu bisa memilihnya terlebih dahulu. Apakah earphone itu nyaman atau tidak saat digunakan sehingga tidak membuat daun telinga kamu sakit dan lecet. Gak keren asal nyaman itu justru lebih baik.

2. Jangan pasang volume pada maksimal
Jangan sekali-kali mendengarkan musik dengan earphone di volume suara yang tinggi atau keras. Karena hal itu hanya akan merusak fungsi pendengaran kamu. Dimana frekuansi lazim di dengar manusia sebenarnya berkisar 20 Hz sampai 20 KHz, meski ada beberapa yang berfrekuensi di atas itu.

3. Gunakan earphone sesuai kebutuhan
 Gunakanlah earphone dengan waktu yang wajar. Kamu bisa mengistirahatkan telinga kamu antara setengah sampai 1 jam. Apabila kamu menggunakan earphone secara terus menerus, tidak menutup kemungkinan telinga kamu akan mengalami rusak permanen.

4. Jangan gunakan di tempat bising (ribut/ramai)
 Dianjurkan untuk tidak mendengarkan musik menggunakan earphone di tengah keramaian. Karena ada kemungkinan kamu akan meningkatkan volume agar tidak terganggu oleh kebisingan itu. Padahal hal itu akan membuat pendengaran mengalami kerusakan.

5. Jangan dipasang terlalu rapat
 Untuk mengurangi tegangan pada gendang telinga, sebaiknya kamu tidak menutup telinga terlalu rapat saat menggunakan earphone. Jika terlalu rapat itu akan menambah beban pada gendang telinga dan bisa saja telinga akan menjadi sakit dan kepala menjadi pusing. Karena saat kamu menutup telinga dengan earphone terlalu rapat, maka lubang telinga akan hampa udara dan dapat mengganggu pendengaran kamu.

6. Pilih earphone yang mempunyai banyak fasilitas untuk melindungi telinga kamu
 Kamu bisa memilih earphone dengan berbagai keunggulan. Misalnya earphone yang ada lapisan seperti lensa pada ujung earbundnya. Lapisan itu juga berguna untuk meredam gelombang tekanan pada gendang telinga. Jadi, cermatlah dalam memilih earphone atau headset.

Terus, bagaimana cara mengenakan earphone yang benar?

Ternyata selama ini, cara kita mengenakan earphone itu salah dan tidak aman loh! Apakah begini cara kalian mengenakan earphone :



Jika iya, maka kalian salah! Cara mengenakan earphone yang benar adalah seperti ini : 

Nah, lihat perbedaannya bukan? Tapi kenapa cara yang biasa kita kenakan dianggap salah? Coba perhatikan!



Jadi, mulai sekarang, coba gunakan earphone dengan cara yang benar. Jangan lupa, earphone juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan telinga. Jadi, berhati-hatilah dalam mengenakan earphone dan jangan lupa untuk selalu memilih earphone yang nyaman dipakai telinga kalian!

Baiklah, semogar bermanfaat, ya. Jangan lupa comment jika ingin Re-Post, dan jangan lupa sertakan Full Credit dari blog ini (Beserta LINK) dan sumber aslinya.


You Might Also Like

0 comment[s]