[Tutorial] Make A Simple Dark Poster

Maret 05, 2016

Hai! Hai!

Akhirnya ada kesempatan buat bikin tutorial photoshop lagi. Tutorial kali ini adalah membuat Poster Fanfiction yang ber-genre Dark!

Btw, aku gak yakin apakah ini bisa disebut Dark atau enggak. Hehehe... Dan, kalau kalian liat judulnya, ada kata 'simple' di sana. Maksudnya, hasil dari tutorial ini emang bener-bener simple.

Hasil akhir : 




Bhakaka!~ Poster jenis apa itu, gaje banget*miris.*

Nah, langsung aja, yak. Kita perisapkan dulu bahannya(?) :


Adobe Photoshop (CS berapa aja, bebas. But I use CS5)
Foto Cast : Girl's Day Yura [LINK]
Smoke Texture [LINK]
Texture 1 [LINK]
Credit Movie [LINK]
PSD Rose without Thorns by Faerimaway [Aku lupa LINK-nyaaa!]

Oke, segitu aja bahannya. Sekarang, ayo kita mulai cara pembuatannya!
Pertama, kita buka Adobe Photoshop-nya. Klik File >> New >> Atur lembar kerja seperti di bawah ini : 


(Open Link in new tab kalau tidak kelihatan)

Kedua, masuka foto Yura. Caranya dengan mengklik layer Yura sebanyak dua kali, lalu seret ke lembar kerja kalian atau Untitled 1. Setelah itu, atur posisinya sesuka kalian.

(Open Link in new tab kalau tidak kelihatan)

Ketiga, buka texture Smoke Texture. Seret ke lembar kerja kalian (lakukan seperti langkah kedua), lalu atur posisinya dengan cara meng-klik CTRL + T. Ubah Blending Mode-nya menjadi Lighteen, lalu hapus bagian yang mengganggu dengan Eraser Tool.
 
(Open Link in new tab kalau tidak kelihatan)

Oh ya, dalam penghapusan, atur juga Opacity dan Flow-nya, ya. Boleh suka-suka kalian, sih. Tapi aku biasanya pakai: 
  •  Size : 200.
  • Mode : Brush.
  • Opacity : 500
  • Flow : 400
Lalu kita duplikat layer smoke-nya. Caranya klik CTRL + J, lalu klik CTRL + T dan klik kanan >> Flip Horizontal >> Flip Vertikal. Sekali lagi, hapus bagian yang mengganggu dengan Eraser Tool.

Keempat, masukan Texture 1 ke dalam lembar kerja kalian. Atur posisinya sesuka hati, atur blending-nya menjadi Overlay. Hapus bagian yang mengganggu.

(Open Link in new tab kalau tidak kelihatan)

Kelima, kita akan mengatur ketajaman foto Yura. Caranya dengan meng-klik layer foto Yura >> Klik Filter >> Sharpen >> Smart Sharpen >> Atur sesuka hati >> Klik OK!

Kalau bingung mau seperti apa aturnya, bisa ngikutin aku aja. Amount-nya 150%, Radius-nya 20.8px. Atau seperti di bawah ini : 


(Open Link in new tab kalau tidak kelihatan)

Nanti jadinya seperti ini : 

  (Open Link in new tab kalau tidak kelihatan)

Keenam, saatnya untuk memasukan PSD! Caranya buka File PSD kalian, lalu klik kanan >> Duplicate Group >> Ganti Document menjadi 'Untitled 1' atau nama lembar kerja kalian >> Klik OK!
  (Open Link in new tab kalau tidak kelihatan)

Setelah itu, ubah Opacity-nya menjadi 66%. Nanti jadinya begini :  

 (Open Link in new tab kalau tidak kelihatan)

Ketujuh, saatnya untuk membuat judul!

Untuk poster Dark, aku saranin font-font seperti Lion KinG, Trajan Pro, dll. Warnanya juga kalau bisa warna-warna gelap, kecuali kalau warna background-nya hitam, maka gunakan aja putih.
Oh ya, cara memberi judul, nama author, dan quotes adalah dengan meng-klik Icon berbentuk huruf 'T' atau bisa juga dengan meng-klik huruf T di keyboard.

(Open Link in new tab kalau tidak kelihatan)

Keterangan : 
Title : Lion KinG. Ukuran 163.68pt. Kode warna #000000
Author Name : Times New Roman. Ukuran 37.5pt. Kode Warna #000000. With Faux Bold.
Quotes : TimesNew Roman. Ukuran 41.67pt. Kode Warna #000000.
Kedelapan, kita akan meletakan Credit Movie. Caranya Klik File >> Open >> Buka foto Credit Movie. Drag (Lakukan langkah kedua) ke lembar kerja kalian. Atur sesuai keinginan.

Oh ya, letakan layer Credit Movie di bawah layer PSD dan layer tulisan, ya.

(Open Link in new tab kalau tidak kelihatan)

Terakhir, tinggal kita Save! Caranya Klik File >> Save >> Beri judul poster kalian >> Ubah format poster menjadi JPEG >> Klik Save!

(Open Link in new tab kalau tidak kelihatan)

Dan, jadi! Gimana? Gampang, kan?

Btw, aku punya satu poster yang menggunakan teknik yang sama dengan tutorial di atas. Cuma ganti foto cast, peletakan tulisan dan warna tulisan aja. Mau lihat?


Akhirnya tutorial ini/lap keringet/butuh waktu berjam-jam*lebay*padahal cuma berapa menit.*

 Nah, semoga tutorial ini berguna buat kalian. Especially for newbie, kayak aku. Hihihi... well, aku tau kalau aku bukan Artworker yang handal dan hasil edit-annya udah keren-keren, tapi... berbagi sedikit gak masalah, kan?

Oke, jangan lupa komentar untuk saran atau kritik, ya. Kalau mau ada yang ditanyakan, atau sekadar basa-basi gaje juga boleh ^^.


DILARANG KERAS memplagiat tutorial ini, mengcopy-paste tutorial ini, mengklaim tutorial dan poster ini milik kalian, atau me-repost tutorial ini di blog kalian. Semua resource bukan milikku, aku dapat dari Google dan DeviantArt.

You Might Also Like

3 comment[s]

  1. Aku pake pixlr kalo bikin ginian .-. photoshop ku lelet :v

    BalasHapus
  2. Ruth Deany : Aku gk pernah pake pixlr. Kalo Photoshop lelet, mungkin itu dari servisnya. Coba aj download baru, atau coba tunggu nyampe bener2 kebuka. Nanti kalau yang kedua kalinya gk bakal begitu (biasanya)

    BalasHapus
  3. Pixlr hampir sama kayak photoshop menurutku *menurutku ya* aku bisa aja sih pake pixlr tuh hasilnya diblogku /promosi ceritanya/

    BalasHapus