Phobia-Phobia terhadap Angka yang Unik

Agustus 18, 2015


Hari ini, aku mau Share tentang jenis-jenis Phobia terhadap Angka. But... what is Phobia means?

Phobia (φοβία) diambil dari kata Phobos (Φόβο) dalam Bahasa Yunani, yang artinya, Ketakutan. Isitilah Phobia ini ditunjukan oleh kondisi Psikologis manusia, yaitu ketakutan berlebihan kepada sesuatu yang (biasanya) tidak wajar.
Diantar sekian banyaknya jenis phobia, kita akan membahas tentang Phobia-Phobia pada angka yang unik. Mau tahu apa sajakah itu? Let's check it out!



1. Hexakosioihexekontahexafobia : Takut terhadap angka 666

Namanya ribet? Emang iya :P


Hexakosioihexekontahexafobia adalah ketakutan terhadapa Angka 666. Phobia ini dipercaya sejak Yunani Kuno dan dikaitkan dengan angka setan dan jumlah binatang.

Semakin mempengaruhi manusia sejak diputarnya  film The Omen di layar lebar. Keyakinan terhadap phobia ini  diperlihatkan Nancy dan Ronald Reagan yang pada tahun 1989 saat pindah rumah ke daerah di  Los Angeles dengan alamat 666 St Cloud Road. Namun karena mengalami phobia ini, keluarga Reagan merubahnya menjadi 668 St Cloud Road.

2.Tetrafobia: Takut angka 4

Masyarakat  Negara-negara di Asia Timur seperti Jepang, Cina, Korea, dan Taiwan umumnya mengalami Tetraphobia. Alasannya juga berangkat dari sebuah mitos. Terutama karena pelafalan angka 4 mirip dengan kata kematian. Beberapa hotel di negara asia timur tersebut menghilangkan angka 4, seperti penandaan tingkatan lantai dan angka dalam lift. Untuk menghindari angka 4, mereka  menggantinnya dengan inisial F awalan dari Four.

3. Triskaidekafobia: Takut angka 13

Ini dia Phobia yang paling sering & paling terkenal. Triskaidekafobia atau ketakutan pada angka 13. Angka 13 yang ganjil dianggap merupakan angka terkutuk atau angker.

Sekian orang dari penduduk bangsa di Amerika dan Eropa diyakini terjangkit phobia ini. Salah seorang diantaranya penyanyi dan pencipta lagu, John Meyer. Ia memiliki 14 track di albumnya “Room for Squares”. Namun pada track ke 13 tidak terekam suara apa pun selama 0,2 detik. Bahkan di track ke-13 tersebut tidak ada title-nya di cover album. Diyakini  John Meyer pengidap triskaidekaphobia. Bahkan di arena balap Formula 1 (F1) phobia ini begitu melekat. Terbukti dengan tidak adanya mobil bernomor 13. Mobil nomor 13 dihilangkan menyusul dua pembalap meninggal akibat kecelakaan saat menggunakan nomor 13.

4. Paraskevidekatriafobia: Takut Jumat 13

Pernah degar Film Friday the 13th? Kalau iya, berarti kalian akrab dong sama Paraskevidekatriafobia atau ketakutan pada Jumat 13. Terutama di malam hari.

Satu teori menyatakan bahwa itu adalah penggabungan dua takhayul modern yang lebih tua: bahwa tiga belas adalah angka sial dan bahwa Jumat adalah hari sial.. Namun pada kenyataannya, takut terhadap angka 13 yang bertepatan dengan hari Jumat sudah terjadi sejak jaman Yunani kuno juga. Dan bagi yang mempercayainya, mereka akan merasa ketakutan minimal satu kali dan maksimal tiga kali dalam satu tahun.

5. Fobia angka 17 

Tanpa penamaan secara khusus untuk phobia ini, karena memang tidak banyak yang menyakini angka 17 melahirkan phobia. Kecuali Italia yang meyakininya sebagai angka sial. Sebaliknya Italia tidak meyakini angka 13 sebagai angka sial seperti yang dipercayai masyarakat di beberapa Negara Eropa dan Amerika.

Credit : Here
TAKE OUT WITH FULL CREDIT!

You Might Also Like

0 comment[s]